MEMBANGUN HOTSPOT MANDIRI

  • Herfia Rhomadona Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Hendrik Setyo Utomo Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Muhammad Noor Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat (PkM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengembangan yang wajib dilakukan oleh civitas akademik suatu perguruan tinggi. Melalui pengabdian masyarakat, jurusan teknik informatika politeknik negeri tanah laut hadir ditengah-tengah masyarakat khususnya di kabupaten tanah laut. Dengan tujuan untuk mengaplikasikan hasil pembelajaran dan penelitian di perkuliahan dan memberikan informasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Teknologi tepat guna yang sangat berpotensi diterapkan dalam kasus ini adalah Pelatihan membangun hotspot  mandiri. Dengan adanya hotspot pada setiap usaha atau bisnis seperti  rumah kos, cafe mauapun tempat nogkrong membuat masyarakat betah ditempat tersebut sembari diskusi, bertukar informasi dan mengemukakan pendapat ataupaun bersosial media.  Konsumen yang sebagian besar mahasiswa lebih memilih hostpot dibandingkan membeli paket data. Selain harga lebih mudah, kekuatan signal jaringan hotspot lebih kuat dibandingkan paket data, karena tidak semua jenis paket data memiliki jangkauan luas hingga pedesaan kecuali telkomsel dengan harga yang masih terbilang mahal. Hasil dari kegiatan ini dihadiri oleh pemilik warung makan, cafe, dan warnet. Peserta antusias dalam mengikuti pelatihan hotspot, karena dapat meningkatkan keuntungan dari usaha mereka miliki.

Author Biographies

Herfia Rhomadona, Politeknik Negeri Tanah Laut
Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut
Hendrik Setyo Utomo, Politeknik Negeri Tanah Laut
Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut
Muhammad Noor, Politeknik Negeri Tanah Laut
Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Andi, MADCOMS. (2009) Panduan Lengkap Membangun Sistem Jaringan Komputer, Yogyakarta: Andi, Madiun: MADCOMS

Prasandika, A. (2014). Perancangan Hotspot Area Berbasis Mikrotik dan Radius (Studi Kasus : Warnet Kadipiro). Yogyakarta: STMIK Amikom Yogyakarta.

Purbo, O. W. (2006). Buku Pegangan Internet Wireless dan Hotspot. Jakarta: CHIP

http://www.kotainternet.com/peluang-bisnis-hotspot.htm

Published
2018-01-02
How to Cite
RhomadonaH., UtomoH. S., & NoorM. (2018). MEMBANGUN HOTSPOT MANDIRI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 2(1). https://doi.org/10.34128/mediteg.v2i1.11