CCapacity Building: Literasi Digital dan Peluang Pemanfaatan dalam Ekonomi Rumah Tangga

  • Asriani Hasan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Risfan Rizaldi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Keywords: bisnis, digital, keuangan

Abstract

Tonrorita merupakan salah satu desa di Kecamatan Biring Bulu Kabupaten Gowa. Secara geografis, Tonrorita merupakan daerah lereng pegunungan dengan sebagian besar masyarakatnya bekerja disektor pertanian dan perdagangan besar dan eceran. Karena letak geografisnya, masyarakat Tonrorita masih sulit mengakses internet dan kalaupun bisa, pengetahuan mereka terkait teknologi digital masih minim. Kondisi demikian menjadi ironi ditengah kemajuan teknologi digital saat ini. Munculnya bisnis digital seperti Gojek dan Grab serta aplikasi keuangan berbasis android sebenarnya bisa dimanfaatkan masyarakat Tonrorita dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus keterampilan masyarakat dalam memahami dan menggunakan teknologi digital untuk peningkatan kesejahteraan. Kegiatan ini berisi materi dan praktik terkait pemanfaatan aplikasi bisnis digital dan keuangan berbasis android. Output dari kegiatan ini adalah peserta memahami dan bisa menggunakan aplikasi bisnis digital dan keuangan.

Kata Kunci:  Bisnis, Digital, Keuangan

References

APJII. (2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta.

BPS Kabupaten Gowa. (2019). Kecamatan Biringbulu dalam Angka 2019. Gowa.

JISC. (2014). Developing Digital Literacies.

Lembaga Demografi UI. (2019). Dampak Gojek Bagi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Lembaga Demografi Universitas Indonesia.

Lemke, C. (2003). enGauge 21st Century Skills: Digital Literacies for A Digital Age. Washington DC.: Educational Research and Improvement.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. Geneva: World Economic Forum.

Tenggara Strategics. (2019). Benefits of Dgital Economy: How Grab Contributes to Indonesian Economy. Jakarta: Tenggara Strategics.

Xu, M., David, J. M., & Kim, S. H. (2018). The Fourth Industrial Revolution: Opportunities and Challenges. International Journal of Financial Research, 9(2), 90–95. https://doi.org/10.5430/ijfr.v9n2p90

Published
2020-06-28
How to Cite
HasanA., & Risfan RizaldiA. (2020). CCapacity Building: Literasi Digital dan Peluang Pemanfaatan dalam Ekonomi Rumah Tangga . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(1), 1-14. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i1.55