PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SALAH SATU SUMBER BAHAN PENGAJARAN VOCABULARY BAGI GURU TK/PAUD DI KABUPATEN TANAH LAUT

  • Wan Yuliyanti Staff Pengajar Bahasa Inggris, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Pengajaran Bahasa Inggris untuk TK/PAUD pada umumnya adalah pengajaran yang menekankan kepada kosa atau vocabulary-nya saja, bukan melalui tulisan namun melalui suara (audio) dan gambar (visual) sehingga pengajarannya menggunakan media audio-visual. Suara (audio) dan gambar (visual) yang digunakan sebagai bahan ajar vocabulary ini dapat disusun dengan cara mengunduh suara (audio) dan gambar (visual) melalui internet yaitu di google translate voice untuk suara dan google image searching untuk gambar.

Untuk penyusunan bahan ajar ini para guru TK/PAUD dilatih dalam cara mengunduh materi, menyimpan, dan membuatnya ke dalam suatu media pembelajaran yang sederhana dan mudah, yaitu dibuat dalam suatu Microsoft Office Powerpoint. Dalam kegiatan ini, mahasiswa bukan hanya sekedar memberikan cara mengunduh, menyimpan dan membuat suatu media pembelajaran kepada para guru tersebut, namun mencoba untuk memberi gagasan/masukan kepada para guru barupa ruang lingkup (scope) apa saja yang sebaiknya digunakan sesuai dengan bahan ajar atau materi yang digunakan di TK/PAUD di Kabupaten Tanah Tanah Laut, antara lain: numbers, alphabet, animals, fruit, colors, shapes, vegetable, dll.

Kata Kunci: kosa kata, audio-visual, media pembelajaran, scope, Microsoft Office PowerPoint.

Author Biography

Wan Yuliyanti, Staff Pengajar Bahasa Inggris, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Staff Pengajar Bahasa Inggris, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Baharuddin, Aris et.al 2001. Rekabentuk Perisian Multimedia. Malaysia: Muapakat Jaya Percitakan Sdn. Bhd.

Herdiana, Widi. Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia 5-8 Tahun. Makalah dipublikasikan dan diunduh darihttp://Jbptunikompp-gdl-widiherdia-30142-1-perancan-n.pdf.

Nurhadi, Achmad. 2012. Teaching English to Young Learners (Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini). EDUCATE Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol 1 no. 1. Juni 2012. ISSN 2301-5101. Hal.59-61

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit KAUKAKA

Published
2017-11-27
How to Cite
YuliyantiW. (2017). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SALAH SATU SUMBER BAHAN PENGAJARAN VOCABULARY BAGI GURU TK/PAUD DI KABUPATEN TANAH LAUT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 1(1). https://doi.org/10.34128/mediteg.v1i1.10