PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PANTI ASUHAN PINTU HARAPAN PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.34128/mediteg.v7i2.115Keywords:
Gotong royong, panti asuhan, pendidikan karakterAbstract
Generasi muda yang beradab, mampu bekerja sama, dan memiliki kepintaran secara kognitif, afektif maupun psikomotoriknya merupakan tujuan dari pendidikan karakter. Namun, pada masa pandemi COVID-19, terdapat berbagai hal yang mempersulit dalam menerapkan dan meningkatkan tujuan pendidikan karakter. Hal inilah yang menjadi fokus praktikan dalam upaya peningkatan pendidikan karakter anak yang dilaksanakan di Panti Asuhan Pintu Harapan yang terletak di Jalan Danau Sipinggan, Desa Sei Agul, Medan Barat. Terdapat 3 karakter utama yang di fokuskan dalam penelitian ini yang meliputi karakter religius, nasionalis, dan gotong royong. Praktikan menggunakan metode Social Group Work dengan FGD, observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Melalui kegiatan ini dapat menunjukan kelompok sasaran telah menerapkan karakter yang ingin dikembangkan.