PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PANTI ASUHAN PINTU HARAPAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • aginta bangun universitas sumatera utara
Keywords: Gotong royong, panti asuhan, pendidikan karakter

Abstract

Generasi muda yang beradab, mampu bekerja sama, dan memiliki kepintaran secara kognitif, afektif maupun psikomotoriknya merupakan tujuan dari pendidikan karakter. Namun, pada masa pandemi COVID-19, terdapat berbagai hal yang mempersulit dalam menerapkan dan meningkatkan tujuan pendidikan karakter. Hal inilah yang menjadi fokus praktikan dalam upaya peningkatan pendidikan karakter anak yang dilaksanakan di Panti Asuhan Pintu Harapan yang terletak di Jalan Danau Sipinggan, Desa Sei Agul, Medan Barat. Terdapat 3 karakter utama yang di fokuskan dalam penelitian ini yang meliputi karakter religius, nasionalis, dan gotong royong. Praktikan menggunakan metode Social Group Work dengan FGD, observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Melalui kegiatan ini dapat menunjukan kelompok sasaran telah menerapkan karakter yang ingin dikembangkan.

References

Adi, I. R. (2015). Kesejahteraan Sosial. Raja Grafindo Persada.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Azis, A., Helaprahara, D., Fepriyanto, A., & ... (2021). Pelatihan Kebugaran Jasmani Siswa Di Kabupaten Sumenep Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian …, 6, 13–20.

Azwardi, A. (2021). Application of Rewards and Punishments in Improving Learning Outcomes of Islamic Religious Education in State Middle School 1 Tembilahan. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 261–274. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8497

Daga, A. T. (2021). Implementation of Character Education During the Covid-19 Pandemic in Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 836. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8448

Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pai. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6987

Muh, I. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER : PERSPEKTIF ISLAM DAN THOMAS LICKONA. : : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 30.

Ratnawati. (2018). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1–11.

Sayahputra, M. C., & Maida, N. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter: Dari Kebijakan Publik untuk Kebajikan Publik. Jurnal Tapis: Teropong Aspirasi Politik Islam, 17(1), 25–39.

Sofanudin, A. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sma Eks-Rsbi Di Tegal. Smart, 1(2). https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.248

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Perdana Media Grup.

Published
2022-11-30
How to Cite
bangun aginta. (2022). PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PANTI ASUHAN PINTU HARAPAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 7(2), 85-92. https://doi.org/10.34128/mediteg.v7i2.115