SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENJUALAN PADA UMKM DI DESA BUMI JAYA
DOI:
https://doi.org/10.34128/mediteg.v7i2.124Keywords:
Media Sosial, Promosi, UMKMAbstract
Perkembangan teknologi di era digital saat ini, perlahan-lahan mulai menggantikan kebiasaan-kebiasaan lama. Seperti penjualan online, transportasi online, tak terkecuali media promosi. Pada awalnya hanya ada media promosi offline, yang dilakukan secara langsung. Promosi secara offline memiliki beberapa kekurangan, di antaranya jangkauannya terbatas, harus menyediakan tempat untuk pemasaran produk, serta memerlukan pegawai dan biaya yang lebih banyak. Kemudian media promosi secara online muncul, yang memiliki beberapa kelebihan, yaitu biaya lebih rendah, layanan 24 jam, serta transaksi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Berdasarkan hal tersebut diperlukan pengetahuan tentang bagaimana cara memanfaatkan media sosial sebagai media promosi penjualan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertujuan untuk memperluas wawasan para pelaku UMKM di desa Bumi Jaua. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2022 secara luring dengan melibatkan kurang lebih 25 pelaku UMKM di desa Bumi Jaya. Hasil pengabdian memberikan wawasan tentang bagaimana cara memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media promosi penjualan.
References
Astuti, M., & Nurdin, R. (2022). Pendampingan digital marketing untuk pengembangan desa wisata menggunakan media sosial di dusun Turunan Girisuko Panggang Gunungkidul. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1041
Batubara, M. H., Nurmalina, N., Nasution, A. K. P., Agusmawati, A., & Maharani, A. (2021). PELATIHAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK SARANA PROMOSI EKOWISATA. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1.253
Bustomi, M. A., Rohedi, A. Y., Sunarno, H., Prajitno, G., Indarto, B., & Nurif, M. (2020). Pelatihan Pemasaran Online Produk Masyarakat Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 2020, 5.2: 27-38.
Fitri, D. A., & Mansur. (2018). PELATIHAN DESAIN DAN PROMOSI ONLINE PRODUK KERUPUK IKAN DAN KERUPUK SAGU DI KUALA ALAM KECAMATAN BENGKALIS. BATOBOH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 7.
Handayani, S., Ghofur, A., & Fadhillah, D. N. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Dalam Pengabdian Dan Pendampingan Pemasaran Produk Hasil Homemade Dengan Media Sosial Di Desa Deketagung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 299–304. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10540
Harinie, L. T., Hukom, A., & Juma’eh, J. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–59. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.179
Riyanto, A. D., & Noeris, M. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Online untuk Pelaku UMKM di Cilacap. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 53. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.236
Saifudin, W., Alamiyah, S. S., Mustikasari, R. P., & Tanoyo, P. (2022). PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI DIGITAL DESA WISATA ALASSUMUR KAB.BONDOWOSO. JABN, 3(1), 68–78. https://doi.org/10.33005/jabn.v3i1.101
Setyowardhani, H., Susanti, H., & Riyanto. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2848
Sofia, L. A., Hidayat, A. S., & Zain, M. A. (2020). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI WISATA PANTAI ASMARA. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2), 15.
Tsamroh, D. ’Izzatus, Sudjatmiko, S., Elsa C., M. I. A., Bimantara, M. Y., Firdiansyah, M. R., Siskuhita, D. A., & Saputra, M. I. J. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PROMOSI UMKM. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 6(1), 210. https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1825