Pengolahan Ampas Sagu Menjadi Kompos dan Kue Kering dari Tepung Sagu

  • Gunawan Gunawan Prodi Biologi, FMIPA Unlam
  • Muhammad Mahfuzh Prodi Matematika, FMIPA Unlam

Abstract

Tepung sagu memiliki potensi yang besar untuk diolah menjadi produk makanan. Demikian juga dengan ampas sagu dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos. Namun potensi yang besar belum sepenuhnya dikembangkan. Melalui kegiatan KKN-PPM para ibu-ibu rumah tangga di desa Pemakuan, kecamatan Sungai Tabuk telah dilatih untuk membuat kompos dari ampas sagu dan aneka kue kering dari tepung sagu. Hasil kegiatan menunjukkan pemakaian pupuk kompos untuk pertanian telah menurunkan biaya pemupukan sebesar 30%. Selain itu terdapat peningkatan pendapatan sebesar Rp. 800.000 pada keluarga yang membuat aneka kue kering dari tepung sagu.

Kata Kunci: Tepung sagu, ampas sagu, kue kering, kompos

Author Biographies

Gunawan Gunawan, Prodi Biologi, FMIPA Unlam

Prodi Biologi, FMIPA Unlam

Muhammad Mahfuzh, Prodi Matematika, FMIPA Unlam
Prodi Matematika, FMIPA Unlam

References

Firmansyah MA. 2010. Teknik Pembuatan Kompos. Pelatihan Petani Plasma Kelapa Sawit di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah.

Flach, M. dan F. Rumawas, eds. 1996. Plant Resources of South-East Asia (PROSEA) No.9: Plants Yielding Non-Seed Carbohydrates. Leyden. Blackhuys

Jong dan Widjono, 2005. Kandungan gizi tepung sagu. Penebar Swadaya

Kiat L.J, 2006. Preparation and Characterization of Carboxymethyl Sago Waste and It’s Hydrogel [tesis]. Malaysia: University Putra Malaysia.

Pramaswari, I.A.A., Suyasa, I.W.B., dan Putra, A.A.B. 2011. Kombinasi Bahan Organik (Rasio C : N) pada Pengolahan Lumpur (Sludge) Limbah Pencelupan. Jurnal Kimia 5 (1) : 64 - 71.

Setyorini Diah, Saraswati R, Anwar EK. 2011. Kompos. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati : 11-40.

Sutejo, M.M. 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.

Widowati. 2001. Sumber Karbohidrat pendamping Beras dan terigu. Teknik Produksi Aneka Tepung dan Pati dari bahan Pangan sumber Karbohidrat serta Potensi Pemanfaatannya. Makalah disampaikan Pada alih Teknologi Produksi aneka Tepung dan pemanfaatannya dalam rangka Menunjang Ketahanan Pangan. Penerbit : Balitkabi, malang. 17 oktober 2001.

Published
2018-01-02
How to Cite
GunawanG., & MahfuzhM. (2018). Pengolahan Ampas Sagu Menjadi Kompos dan Kue Kering dari Tepung Sagu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 2(1). https://doi.org/10.34128/mediteg.v2i1.17