Program Manajemen Inovasi Untuk Optimalisasi Penjualan Pada Katering Dapur Enin Bandung
DOI:
https://doi.org/10.34128/mediteg.v8i2.179Keywords:
manajemen inovasi, UMKM, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Di dunia yang berubah dengan cepat, kebutuhan akan inovasi semakin meningkat dimana inovasi merupakan hal yang umum dalam pengembangan teknologi dan manajemen teknologi di semua organisasi, terlepas dari besar kecilnya ukuran perusahaan. Saat ini, secara umum disepakati bahwa inovasi adalah jalur kritis menuju pertumbuhan dan kemakmuran bagi perusahaan sehinga hal ini merupakan kunci untuk adopsi teknologi, kreasi, dan dapat menjadi faktor untuk meningkatkan produktivitas termasuk pada perusahaan UMKM. Salah satu UMKM di Kota Bandung yang bergerak di bidang kuliner adalah Dapur Enin. Dari hasil pengabdian yang dilakukan di Dapur Enin Bandung dapat disimpulkan bahwa PKM telah berjalan lancar dan memberikan pengaruh positif bagi Dapur Enin, berhasil membuat manajemen inovasi pada produk dan komunikasi pemasaran mereka, dan Dapur Enin sudah menjalankan hasil dari manajemen inovasi yang dilakukan dan terus dilakukan pengawasan dan evaluasi atas kinerja inovasi yang telah dilakukan.
References
Adam, N. A., & Alarifi, G. (2021). Innovation practices for survival of small and medium enterprises (SMEs) in the COVID-19 times: the role of external support. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 10(1). https://doi.org/10.1186/s13731-021-00156-6
Bamfo, B. A., & Kraa, J. J. (2019). Market orientation and performance of small and medium enterprises in Ghana: The mediating role of innovation. Cogent Business and Management, 6(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2019.1605703
Fajar Zulfahri, A., Agung Wibowo, D., Robert Sirait, J., Wahyu Sholeha, E., Teknologi Informasi, J., Negeri Tanah Laut Jalan Yani KM, P. A., Panggung, D., & Selatan, K. (2022). SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENJUALAN PADA UMKM DI DESA BUMI JAYA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 53(2). http://mediteg.politala.ac.id/index.php/mediteg
Febriatmoko, B., Hardiyanti, W., & Wulandari, S. (2019). Meningkatkan Kinerja Bisnis Lumpia Semarang Melalui Keunggulan Bersaing. JBE, 26(1).
Gunawan, & Idris, M. (2022). MEKANISASI PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS KERAJINAN ANYAMAN ILUNG (EICHHORNIA CRASSIPES). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 7(1), 1–8. http://mediteg.politala.ac.id/index.php/mediteg
Hanaysha, J. R., Al-Shaikh, M. E., Joghee, S., & Alzoubi, H. M. (2022). Impact of Innovation Capabilities on Business Sustainability in Small and Medium Enterprises. FIIB Business Review, 11(1), 67–78. https://doi.org/10.1177/23197145211042232
Kencana, M. R. B. (2021, September 11). Inovasi Jadi Kunci UMKM Bertahan dari Hantaman Pandemi. Https://Www.Liputan6.Com/.
Khurana, S., Haleem, A., Luthra, S., & Mannan, B. (2021). Evaluating critical factors to implement sustainable oriented innovation practices: An analysis of micro, small, and medium manufacturing enterprises. Journal of Cleaner Production, 285. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.125377
Pramana, E. (2019, November 19). Inovasi Produk UMKM jadi Kunci Tingkatkan Ekonomi Pasca Pandemi. Jawapos.Com.
Talegeta, S. (2014). Innovation and Barriers to Innovation: Small and Medium Enterprises in Addis Ababa. Article in Journal of Small Business and Enterprise Development. https://www.researchgate.net/publication/349142456
Yuningsih, E., & Silaningsih, E. (2020). MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI. Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com