PELATIHAN STRATEGI-STRATEGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA UNTUK GURU SMP/MTS

Authors

  • Sri Indriati Hasanah FKIP, Universitas Madura
  • Hasan Basri FKIP, Universitas Madura
  • Darus Salam FKIP, Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.34128/mediteg.v2i1.18

Abstract

Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap guru-guru yang ada di daerah Pademawu, masih banyak guru-guru yang kurang mampu dalam mengerjakan soal-soal pemecahan masalah atau Problem Solving. Hal ini didasarkan pada hasil observasi yang dilakukan oleh penulis terhadap dokumen soal ujian harian yang digunakan oleh beberapa guru Smp/Mts di Pademawu, berdasarkan wawancara singkat diperoleh informasi bahwa salah satu alasan guru menggunakan soal-soal rutin adalah kurangnya pengetahuan guru terhadap strategi atau cara penyelesaiannya. Oleh sebab itu diperlukan pelatihan yang dilaksanakan oleh pihak lain (Perguruan Tinggi ) bagi guru mata pelajaran matematika SMP/Mts dalam memahami dan menerapkan strategi-strategi dalam memecahkan masalah matematika. Dengan bantuan dana hibah pengabdian dari LP3M Universitas Madura (UNIRA), maka pada tanggal 22-23 Februari 2016 diadakan “Pelatihan Strategi-Strategi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Untuk Guru Smp/Mts di Pademawuâ€.Adapun strategi-strategi pemecahan masalah yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah strategi menemukan pola, strategi semua kemungkinan secara sistematik, strategi tebak dan periksa, di hari pertama pada tanggal 22 Februari 2016. Staregi menyelesaikan masalah yang mirip atau masalah yang lebih mudah, strategi penalaran, strategi menyederhanakan permasalahan di hari kedua pada tanggal 23 Februari 2016. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini terdiri dari tiga tahap yaitu : tahap pertama pemberian pre test, tahap kedua pemaparan strategi-strategi dalam pemecahan masalah dan tahap yang terakhir adalah pemberian post test. Berdasarkan hasil pre test dan post test dari peserta pelatihan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan peserta pelatihan dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Dengan demikian pemberian pelatihan strategi-strategi pemecahan masalah dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pemecahan masalah.

 

Kata Kunci : Strategi-strategi, pemecahan masalah.

Author Biographies

Sri Indriati Hasanah, FKIP, Universitas Madura

FKIP, Universitas Madura

Hasan Basri, FKIP, Universitas Madura

FKIP, Universitas Madura

Darus Salam, FKIP, Universitas Madura

FKIP, Universitas Madura

References

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP dan MTs. Jakarta : Depdiknas

Irawati, S. Hasanah, I.S. 2016. Representasi Mahasiswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Program Linier. 18 (1). 80-86

Kemdikbud. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1 edisi revisi 2014. Jakarta : Kemdikbud

Kemdikbud. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 edisi revisi 2014. Jakarta : Kemdikbud

Polya, G. 1973. How To Solve It. New Jersey : Princeton University Press (300)

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika

Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Downloads

Published

2018-01-02

How to Cite

Hasanah, S. I., Basri, H., & Salam, D. (2018). PELATIHAN STRATEGI-STRATEGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA UNTUK GURU SMP/MTS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 2(1). https://doi.org/10.34128/mediteg.v2i1.18