PENERAPAN MESIN FACETTING PADA PENGOLAHAN BATU MULIA (GEMSTONES)

  • Liling Triyasmono FMIPA Universitas Lambung Mangkurat
  • Totok Wianto FMIPA Universitas Lambung Mangkurat
  • Sri Cahyo Wahyono FMIPA Universitas Lambung Mangkurat
  • Ori Minarto FMIPA Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Kalimantan Selatan khususnya Martapura merupakan daerah pengrajin Batu Mulia dengan berbagai spesifikasi seperti Intan sampai dengan Batu Hiasan seperti Batu Aji (Serpentin) dan Ametisth, jumlah pengrajin yang ada di Martapura saat ini lebih dari 600 UKM, secara keseluruhan industri tersebut bersifat Rumahan sehingga mereka bekerja jika ada Order, sedangkan yang menggunakan mesin besar hanya sebagian kecil dari UKM tersebut. Pasar yang tersedia saat ini adalah Pasar Intan Martapura terdiri dari lebih 100 kios, selain kios yang berada di luar area tersebut. IPTEKS di perlukan bagi pengembangan dan produksi batu mulia di martapura, dengan UKM Sejahtera Bersama,  maka Diseminasi Produk Teknologi Ke Masyarakat akan mulai meningkatkan produksi melalui Mekanisasi peralatan yaitu Mesin facetting dengan tenaga solar sell bagi UKM yang ada di Daerah martapura sehingga akan semakin meningkatkan Produktivitas dan ekonomi masyarakat pengrajin, hal utama yang terjadi pada pengrajin biasanya adalah kekurangan modal untuk pembelian peralatan dengan kegiatan ini diharapkan kita akan memberikan tambahan peralatan. Peralatan facetting portabel dengan energi terbarukan di perlukan untuk mengatasi masalah produksi dan listrik dan mengurangi biaya produksi sehingga produk yang dihasilkan terjangkau. Solar sell digunakan sebagai  sumber energi penggerak mesin produksi. Produk juga mengalami jumlah peningkatan sehinga akan meningkatan eknomi masyaraat sekitar UKM. Peningatan aset UKM sampai dengan 60% sedangkan omset UKM akan naik sampai dengan 50%. softskill pengarjin juga ditingkatkan dengan pelatihan.

 

Kata Kunci: Batu Mulia, Faceting, Peningkatan ekonomi, Martapura

Author Biographies

Liling Triyasmono, FMIPA Universitas Lambung Mangkurat

FMIPA Universitas Lambung Mangkurat

Totok Wianto, FMIPA Universitas Lambung Mangkurat
FMIPA Universitas Lambung Mangkurat
Sri Cahyo Wahyono, FMIPA Universitas Lambung Mangkurat
FMIPA Universitas Lambung Mangkurat
Ori Minarto, FMIPA Universitas Lambung Mangkurat
FMIPA Universitas Lambung Mangkurat

References

Hulbert, J.R, 1979, Gemology, John Wiley & Sons Inc, Canada

Pouw, K. A. 1994, Rahasia batu permata, Cetakan 11, PT Mandira, Semarang

Tjokrosoewarno S. 1992, Proses Pengolahan dan penggosokan Batu batuan, Makalah Seminar Nasional Potensi dan Pemanfaatan batu Mulia, LPM-UNPAD, bandung.

Published
2018-01-02
How to Cite
TriyasmonoL., WiantoT., WahyonoS. C., & MinartoO. (2018). PENERAPAN MESIN FACETTING PADA PENGOLAHAN BATU MULIA (GEMSTONES). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 2(1). https://doi.org/10.34128/mediteg.v2i1.21