PENYULUHAN PENGGUNAAN AR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU-GURU SMP DI KECAMATAN BATU AMPAR

Authors

  • Herfia Rhomadhona Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Hendrik Setyo Utomo Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Jaka Permadi Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Winda Aprianti Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Wiwik Kusrini Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.34128/mediteg.v3i1.23

Abstract

Augmented reality (AR) menggabungkan benda nyata dan virtual yang menghasilkan objek 3D yang
ditampilkan pada layar. Penggunaan teknologi Augmented reality (AR) pada smartphone masih tergolong minim.
Sebenarnya teknologi ini memiliki potensi yang besar untuk memperkaya telekomunikasi untuk menjadi lebih efektif.
Selain itu, penggunaan android yang dimiliki pelajar masih belum digunakan secara maksimal, kebanyakan hanya untuk
komunikasi, media sosial dan bermain game. Seharusnya dengan smartphone tersebut bisa digunakan sebagai media
belajar. Tujuan dari aplikasi Augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran tentang siklus embrio manusia berbasis
Android untuk menciptakan suatu lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif. Aplikasi mampu menampilkan objek
dan video secara virtual 3D dalam sebuah penanda (marker) sebagai alat peraga gambar yang terdapat pada buku ajar
siswa. Marker yang dideteksi oleh kamera dapat menampilkan model 3D di layar perangkat android secara real time dan
mengeluarkan suara. Peserta merupakan guru-guru Sekolah Tingkat Lanjut Pertama (SLTP) se-Kecamatan Batu
Ampar. Hasil kegiatan penyuluhan yaitu peserta tertarik dan melakukan install aplikasi smartphone android masing-masing
peserta.
Kata kunci: Augmented Reality, Objek, Media pembelajaran, Siklus Embrio

Author Biographies

Herfia Rhomadhona, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Hendrik Setyo Utomo, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Jaka Permadi, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Winda Aprianti, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Wiwik Kusrini, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).

Permendiknas No 23 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan

Rori, Jinifer, Steven Sentinuwo dan Stanley Karouw (2016). Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan OrtodonsiaMenggunakan Animasi 3D. E-Journal Teknik Informatika Vol.8, No.1 (2016), ISSN : 2301 - 8364.

Saputra, Yoga Aprillion (2014). Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Fosil Purbakala Di Museum Geologi Bandung. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA) 1 Edisi.01 Volume.01 Bulan Agustus 2014.

Downloads

Published

2018-12-12

How to Cite

Rhomadhona, H., Utomo, H. S., Permadi, J., Aprianti, W., & Kusrini, W. (2018). PENYULUHAN PENGGUNAAN AR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU-GURU SMP DI KECAMATAN BATU AMPAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 3(1). https://doi.org/10.34128/mediteg.v3i1.23