PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK GURU MATA PELAJARAN BAHASA SMA DI KABUPATEN TANAH LAUT

Authors

  • Bella Puspita Rininda Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Tekad Budiantoro
  • Karolina Karolina
  • Marliza Noor Hayatie

DOI:

https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i2.231

Keywords:

Pelatihan, Bahan Ajar, Kearifan Lokal.

Abstract

Peran seorang guru dalam merancang dan menyusun bahan ajar sangatlah vital dalam menentukan keberhasilan proses belajar-mengajar. Keberadaan bahan ajar memungkinkan guru untuk menyampaikan materi secara sistematis kepada siswa, sehingga semua kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai. Penyusunan bahan ajar juga mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran serta karakteristik siswa yang akan menggunakannya. Biasanya, bahan ajar dilengkapi dengan pedoman bagi siswa dan pedoman bagi guru, yang bertujuan untuk memudahkan penggunaannya. Manajemen pelatihan menjadi tujuan utama dalam pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Manajemen ini meliputi manfaat pelatihan, sasaran, perencanaan/mendesain program pelatihan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, serta pengembangan pelatihan. Dengan mempelajari proses pembuatan bahan ajar, diharapkan peserta pelatihan dapat lebih memahami manajemen pelatihan yang efektif, sehingga dapat mendukung pelaksanaan proses pelatihan bagi guru dalam pembuatan bahan ajar untuk Sekolah Menengah Atas.

References

Amelia, R. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan (KKN-PPM) Desa Penagan Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 5(1), 50–59. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i1.66
Aswata, N. L. P. N. S. P., & Utami, N. W. (2020). Pelatihan Pembuatan Buku Cerita Digital Sederhana Sebagai Bahan Ajar dalam Kondisi New Normal. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 143–147.
Juwati. (2018). Model Pembelajaran Sastra Berbasis Cerita Rakyat Sebagai Upaya Membina Karakter Siswa di Lubuklinggau. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 681–690.
Sholeh, M., Suraya, & Suraya, I. (2018). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi dengan Camtasia Studio Bagi Guru di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan - Magelang. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 192–199. http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/
Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1 (Februari)), 1–9. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Sunasi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian DHARMA LAKSANA Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 41–44.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Bella Puspita Rininda, Budiantoro, T. ., Karolina, K., & Noor Hayatie, M. . (2020). PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK GURU MATA PELAJARAN BAHASA SMA DI KABUPATEN TANAH LAUT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(2), 73–78. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i2.231