PENINGKATAN EKONOMI MANDIRI DAN KREATIF MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI PELAPORAN KEUANGAN SEDERHANA PADA KLINIK AZKA MEDICAL CENTRE PELAIHARI

  • Astia Putriana Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Radna Nurmalina
  • Noor Amelia
  • Bella Puspita Rininda
Keywords: Pelaporan Keuangan, Aplikasi, Klinik, Pelatihan, Zahir

Abstract

Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan bersangkutan. Salah satu perusahaan di Kecamatan Pelaihari yang bergerak dibidang kesehatan yaitu Klinik Azka Medical Centre. Tujuan dari pengabdian ini adalah melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi pelaporan keuangan sederhana berupa Microsoft Excel dan Zahir Accounting 6. Metode pengabdian ini adalah melalui penyuluhan, pendampingan dan diskusi. Mitra pengabdian ini adalah Klinik Azka Medical Centre Pelaihari. Sosialisasi dan pendampingan telah dilaksanakan tanggal 27 Juli 2022. Pemateri dalam kegiatan ini adalah perwakilan dosen Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut, Astia Putriana, SE, M.SA, Radna Nurmalina, SE., M.Si, Noor Amelia, S.ST., M.Si, dan Bella Puspita Rininda, S.Ak., M.A. Hasil dari pengabdian ini berupa keterampilan karyawan Klinik Azka Medical Centre dalam menggunakan aplikasi pelaporan keuangan sederhana yang siap digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan secara mandiri dimasa mendatang.

References

Kristanty, E. Y., & Sugiyono, S. (2017). Analisis Laporan Keuangan untuk Mengukur Kinerja Keuangan pada Perusahaan Farmasi yang Go Public. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Siregar, M. I., Saggaf, A., & Hidayat, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis Microsoft Excel Pada Kerajinan Songket Mayang Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri.

Yustia, A., & Marlina, M. (2018). Pengolahan Data Keuangan Dengan Aplikasi Akuntansi Zahir Accounting. Jurnal Khatulistiwa Informatika.

Published
2022-11-30
How to Cite
PutrianaA., NurmalinaR., AmeliaN., & Puspita RinindaB. (2022). PENINGKATAN EKONOMI MANDIRI DAN KREATIF MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI PELAPORAN KEUANGAN SEDERHANA PADA KLINIK AZKA MEDICAL CENTRE PELAIHARI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 7(2), 71-76. https://doi.org/10.34128/mediteg.v7i2.233