PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM SECARA SEDERHANA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN TANAH LAUT OLEH PRODI AKUNTANSI

  • Yuli Fitriyani Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Marliza Noor Hayatie
  • Tekad Tekad
  • Bella Puspita Rininda
Keywords: UMKM, Pengeloaan Keuangan, Pelatihan Pengeloaan secara sederhana.

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia, selain koperasi. Beberapa pemangku kepentingan UMKM mengatakan, meski tanpa akuntansi, usaha tetap  berjalan lancar dan selalu menghasilkan keuntungan. Pengelolaan keuangan merupakan hal yang perlu dilakukan oleh para pengusaha UMKM agar usahanya dapat berjalan dengan sukses. Jika ingin mengelola keuangan, maka memerlukan data keuangan yang akurat. Oleh karena itu,  pengelolaan keuangan yang sukses memerlukan pencatatan dan pelaporan keuangan yang konsisten, sistematis, dan akurat. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut merupakan acara rutin untuk memberikan pengetahuan mengenai Pelatihan Pengeloaan Keuangan UMKM Secara Sederhana. Metode pengabdian ini adalah melalui pelatihan, sosialisasi dan diskusi. Mitra pengabdian ini adalah Pelaku UMKM. Sosialisasi dan pendampingan telah dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2021. Hasil dari pengabdian ini berupa Pelatihan Pengeloaan Keuangan UMKM.

References

Asih, L. d. (2020). Pelatihan Pembukuan SederhanaBagi UMKM Menuju UMKM Naik Kelas Di Kecamatan Grogol. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 109-116.
Mila, W. S. (2020). PELATIHAN PENGELOLAAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANABAGI UMKM THE SLEEPY JON GIANYAR BALI. jurnal Widya Laksmi, 118-123.
Nur, T. D. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Pada Pelaku UMKM Brem. Jurnal Solma, 301-306.
Vinola, A. J. (2020). Pelatihan Pengelolaan Keuangan UMKM Bagi Pengusaha DUIT (MSME Financial Management Training for DUIT Entrepreneurs). Jurnal Nusantara Mengabdi, 11-19.
Published
2021-11-30
How to Cite
FitriyaniY., Noor HayatieM., TekadT., & Puspita RinindaB. (2021). PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM SECARA SEDERHANA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN TANAH LAUT OLEH PRODI AKUNTANSI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 6(2), 71-76. https://doi.org/10.34128/mediteg.v6i2.236