PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI GOOGLE CLASSROOM

  • Noor Amelia Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Radna Nurmalina
  • Tekad Tekad
Keywords: pengabdian, sosialisasi, classroom

Abstract

Tim pengabdian, terdiri dari dosen D3 Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut, melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendampingan di Politeknik tersebut. Persiapan melibatkan koordinasi tim dengan pemateri dan mitra untuk jadwal dan tempat pelaksanaan. Pengabdian menggunakan metode penyuluhan dan diskusi, dengan materi utama tentang penggunaan Google Classroom. Kegiatan dihadiri oleh tim pengabdian, pemateri, dan mitra seperti Guru Pondok Pesantren dan PKMB Melati. Melalui tahapan penyuluhan, diskusi, dan pendampingan, tujuan kegiatan adalah memudahkan proses pembelajaran online. Kegiatan ini telah memberikan pengetahuan tentang pembuatan bahan ajar online dengan Google Classroom, dengan harapan dapat diaplikasikan dan dikembangkan oleh para guru. Saran untuk pengabdian ini adalah dilaksanakan secara rutin dan diperluas, bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sekolah-sekolah pondok pesantren dan PKMB Melati Kabupaten Tanah Laut.

References

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI.2(1), 55-61.
Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar. JPMP : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarekter, 2(2),189-198.
Permata, A. (2020). Kefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fiska dan Riset Ilmiah).
Sabran. (2019). Keefektifan Google Calssroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.
Tamba. (2012). Media Pembelajaran (Online).
Published
2021-06-30
How to Cite
Noor Amelia, NurmalinaR., & TekadT. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI GOOGLE CLASSROOM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 6(1), 51-55. https://doi.org/10.34128/mediteg.v6i1.244