PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI GENERASI MUDA SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN TANAH LAUT

  • Radna Nurmalina Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Yuli Fitriyani
  • Ines Saraswati Machfiroh
  • Widiya Astuti Alam Sur
Keywords: Pelatihan, Public Speaking, Generasi Muda, Kreativ, Pendampingan.

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan, pengajaran dan penelitian. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat sasaran dapat memperoleh informasi yang bermanfaat dan Kegiatan kemudian dapat mengaplikasikan dan mengembangkan sendiri informasi yang disampaikan narasumber. Public speaking secara umum bisa diartikan sebagai komunikasi secara lisan, baik dilakukan bertatap muka di depan umum maupun di depan sekelompok orang tertentu. Berbicara di depan umum tidak harus dalam bentuk mengisi materi workshop atau seminar. Tetapi ketika kamu melakukan presentasi di di dalam pekerjaan maupun di perkuliahan juga termasuk berbicara didepan umum. Generasi muda sebagai agen perubahan tentu saja diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam pemikiran dan dan bertindak sehingga kepemimpinan menjadi salah satu variable yang penting untuk ditumbuhkan dalam diri orang muda.

Kata Kunci: Pelatihan, Public Speaking, Generasi Muda, Kreativ, Pendampingan.

 

Abstract

References

Daswati, D. (2012). Implementasi Peran Kepemimpinan Dengan Gaya Kepemimpinan Menuju Kesuksesan Organisasi. Academica, 4(1).

Herlambang, Y. (2015). Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tematik), 2(1), 61-71.

Kurniasari, D., Suyahmo, S., & Lestari, P. (2016). Peranan organisasi karang taruna dalam mengembangkan kreativitas generasi muda di Desa Ngembalrejo. Unnes Civic Education Journal, 2(2).

Hardyanti, W., & Maro, R. K. (2021). Penguatan Kompetensi Komunikasi Melalui Pelatihan Public Speaking Dan Pembentukan Komunitas Public Speaker. Jurnal Abdimas, 25(1), 10-16.

Fitrananda, C. A., Anisyahrini, R., & Iqbal, M. (2018). Pelatihan public speaking untuk menunjang kemampuan presentasi bagi siswa sman 1 margahayu kabupaten bandung. Madani: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 66-69.

Published
2022-11-30
How to Cite
NurmalinaR., FitriyaniY., Saraswati MachfirohI., & Astuti Alam SurW. (2022). PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI GENERASI MUDA SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN TANAH LAUT . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 7(2), 91-96. https://doi.org/10.34128/mediteg.v7i2.259