WORKSHOP PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN DENGAN CANVA UNTUK PENGAJAR SMP WALADUN SHOLEH

Authors

  • Oky Rahmanto
  • Hendrik Setyo Utomo Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan
  • Wan Yuliyanti Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan
  • Arif Supriyanto Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan
  • Dewi Indra Anggraeni Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan

DOI:

https://doi.org/10.34128/mediteg.v9i1.271

Keywords:

Canva, Pendidikan, Guru, Media Pembelajaran

Abstract

Teknologi pembelajaran telah mengubah cara penyajian materi pembelajaran dengan menyediakan berbagai alat dan media digital yang inovatif. Artikel ini membahas pelaksanaan workshop pembuatan materi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva, yang diadakan sebagai bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di SMPS Waladun Sholeh. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi untuk menyajikan materi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Metode yang digunakan mencakup ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mayoritas peserta memberikan penilaian positif terhadap kesesuaian pengabdian dengan kebutuhan mereka, komunikasi dengan mitra, serta manfaat yang diperoleh. Namun, terdapat beberapa area yang masih memerlukan perhatian, seperti komunikasi dan penyesuaian waktu. Penelitian ini menegaskan pentingnya teknologi dalam pendidikan dan peran sentral guru dalam memanfaatkan alat digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Author Biographies

Hendrik Setyo Utomo, Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan

Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan, Politeknik Negeri Tanah Laut, Tanah Laut, Indonesia

Dewi Indra Anggraeni, Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan

Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan,

Politeknik Negeri Tanah Laut

Tanah Laut, Indonesia

References

Hadi, N. (2018). ANALISIS ISI BUKU AJAR BAHASA ARAB (PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013) KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA 2014. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i1.4930

ITA ROSFITA. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH BAGI SISWA SMP HOMESCHOOLING PRIMAGAMA JAKARTA [Doctoral, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA]. http://repository.unj.ac.id/26185/

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4381

Nurdyansyah, N. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/1625/

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), Article 01. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348

Widyawati, E. R., & Sukadari, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 215–225. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.667

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rahmanto, O., Utomo, H. S., Yuliyanti , W., Supriyanto, A., & Anggraeni, D. I. (2024). WORKSHOP PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN DENGAN CANVA UNTUK PENGAJAR SMP WALADUN SHOLEH. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 9(1), 107–114. https://doi.org/10.34128/mediteg.v9i1.271