Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Jeneponto

Authors

  • Abdurrachman Rahim Universitas Bosowa
  • A. Vivit Angreani Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Bosowa
  • Tismi Dipalaya Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bosowa
  • Ahmad Swandi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bosowa
  • Fina Melani Putri Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.34128/mediteg.v9i2.280

Keywords:

Teaching Aids, Local Wisdom, Gold Standard Project Based Learning.

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan alat peraga yang sesuai dengan konteks budaya lokal, serta memperbaiki proses pembelajaran di SMPN 7 Turatea di wilayah tersebut. Melalui pendekatan PjBL yang berstandar emas, peserta pelatihan didorong untuk menerapkan metode proyek yang melibatkan eksplorasi, desain, dan implementasi alat peraga secara praktis dan kreatif. Pelatihan ini melibatkan sesi teori dan praktik yang dirancang untuk memfasilitasi pemahaman mendalam tentang pemanfaatan kearifan lokal dalam pendidikan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi 5 tahapan yaitu sosialisasi, pelatihan, pendampingan teknis, transfer teknologi, dan evaluasi penerapan alat peraga berbasis kearifan lokal dengan menggunakan model Gold Standart Project Based Learning. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilkan guru terhadap penggunaan Gold-Standard Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal sebesar N-Gain >0,5 dengan kategori sedang. Selain itu, jumlah paket perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dihasilkan dari kegiatan ini dari 0 menjadi 10 perangkat berbasis kearifan lokal.

References

Asdar, A., Angreani, A. V., Arsyad, S. N., Swandi, A., & Rahim, A. (2023). Pelatihan pengembangan pembelajaran berbasis Gold Standard Project Based Learning dan aplikasi pembelajaran berbasis digital untuk guru di Pulau Sabangko, Pangkajene Kepulauan. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (2), 115-124.

Asdar, A., Arsyad, S. N., Rahmadhanningsih, S., & Swandi, A. (2022). Pengembangan website pembelajaran menggunakan model Gold Standard Project Based Learning. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4 (1), 32-39.

Dipalaya, T., & Corebima, A. D. (2016). The effect of PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) learning strategy in the different academic abilities on students’ critical thinking skills in senior high school. European Journal of Education Studies.

Dipalaya, T., Susilo, H., & Corebima, A. D. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan komunikasi siswa. Jurnal Pendidikan, 1 (9), 1713-1720.

Hermawan, I. P. E., Jampel, I. N., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh pembelajaran pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1 (1).

Irmadani, I. S. (2021). Manajemen program peningkatan mutu guru sekolah dasar menuju peningkatan kualitas pendidikan nasional. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 5 (1), 121-136.

Jainuddin, J., Iman, I., & Rahim, A. (2023). Etnomatematika geometri ukiran dan banua Toraya Nosu (Suku Toraja). Jurnal MSA (Matematika dan Statistika serta Aplikasinya), 11 (1), 20-25.

Jainuddin, J., Dipalaya, T., & Mangampang, E. T. (2022). Eksplorasi etnomatematika terhadap pola geometri pada rumah adat tongkonan di Toraja. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4 (3), 627-640.

Kaliongga, A., Iriani, A., & Mawardi, M. (2023). Reintegrasi dan kontekstualisasi kearifan lokal Sintuwu Maroso: Upaya menjawab tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13 (2), 117-127.

Khodijah, N. (2012). Profesionalisme guru dalam penerapan model-model pembelajaran inovatif pada rintisan sekolah bertaraf internasional. Jurnal Teknodik , 255-264.

Putra, P. (2017). Pendekatan etnopedagogi dalam pembelajaran IPA SD/MI. Primary Education Journal (PEJ), 1 (1), 17-23.

Rahim, A., Nurwidyayanti, N., Syam, M. R. A., Islam, F., Meinike, M., & Cristiani, L. (2023). Faktor penyebab kesulitan membaca siswa SDN 26 Pa’baeng-Baeng Kabupaten Jeneponto. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (1), 35-42.

Subroto, J. G. (2019). Peningkatan kualitas pendidikan: Program pendidikan profesi guru prajabatan dalam pemenuhan kebutuhan guru profesional di Indonesia. Artikel Ilmiah . http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php .

Sudrajat, D. R., Waspada, I., & Suryana, A. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandung. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6 (1), 257-264.

Yaqub, E. N., Owusu-Cole, C., & Ofosua, C. F. (2020). Challenges facing continuing professional development (CPD) of academic staff of the colleges of education in Ghana. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 12 (2), 112-120.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Rahim, A., Angreani, A. V., Dipalaya, T., Swandi, A., & Putri, F. M. (2024). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Jeneponto . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 9(2), 63–74. https://doi.org/10.34128/mediteg.v9i2.280