EVALUASI LITERASI DIGITAL BERBASIS KOMUNITAS LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.34128/mediteg.v3i1.29Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengembangan yang wajib dilakukan oleh civitas akademik suatu perguruan tinggi. Melalui pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut hadir ditengah-tengah masyarakat khususnya di Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan ini berusaha untuk mengungkapkan literasi digital berbasis kearifan lokal berkaitan pencegahan dampak negatif terpaan media massa hingga sampai pada tahap produksi pesan media. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Evaluasi Literasi Digital Berbasis Komunitas Lokal dilaksanakan di Desa Benua Tengah. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 September 2018 bertempat di Balai Desa Benua Tengah. Kegiatan Evaluasi Literasi Digital Berbasis Komunitas Lokal dihadiri oleh peserta yang berjumlah 25 orang yang berasal dari masyarakat desa. Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap yakni penjelasan tentang Evaluasi Literasi Digital Berbasis Komunitas Lokal secara umum dan tanya jawab peserta. Namun pada akhir kegiatannya berfokus kepada penggunaan TCASH untuk masyarakat agar dapat mempermudah interaksi dalam pengelolaan uang atapun pembayaran. Hal tersebut bertujuan untuk mengaplikasikan hasil pembelajaran dan penelitian di perkuliahan dan ikut serta memberikan informasi kemajuan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Pemerintah Indonesia melihat adanya potensi ekonomi Indonesia yang bertumpu pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM menjadi penyelamat Indonesia dari inflasi dan krisis global. Selain itu, berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (2017) dengan kontribusi besar yang diberikan UMKM kepada negara, pemerintah pun mendorong UMKM menuju digital (go digital) guna semakin memperluas jangkauan pasar pelaku bisnis UMKM. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI secara khusus menargetkan visi ekonomi Indonesia 2020 yaitu “The Digital Energy of Asia†dengan target pertumbuhan transaksi e-Commerce sebesar USD 130 miliar.
Kata Kunci: Digital, Evaluasi, Literasi, Tcash, UMKMReferences
Andhika Prasetyo, Liputan6 (daring), 18 Agustus 2017, “UMKM Sumber Ekonomi Baru Indonesiaâ€,<http://mediaindonesia.com/news/read/118207/umkm-sumber-ekonomi-baru-indonesia/2017-08-18> [Diakses pada 22 Desember 2018]
TCASH, digitalpayment(daring), 2017, “tcashâ€,< https://digitalpayment.telkomsel.com/terms_conditions> [Diakses pada 25 Desember 2018]
Inda Fitryarini, dkk. (2014). Model Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal pada Suku Dayak Tunjung dan Dayak Benuaq di Kutai Barat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 17(3), 207-219.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, kominfo (daring), 11 Juli 2017, “Go Digital! Gerakan Nasional UMKM Go Onlineâ€,<https://kominfo.go.id/content/detail/11346/siaran-pers-no 216hmkominfo112017-tentang-go-digital-gerakan-nasional-umkm-go-online/0/siaran_pers> [Diakses pada 22 Desember 2018]
Setyaningsih, R. (2017). Model Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Kampung Dongkelan Kauman Daerah Istimewa Yogyakarta. Komuniti, 9(2), 118-124.