Optimalisasi Pembelajaran Siswa dengan Pemanfaatan Teknologi AI: Solusi Inovatif Pendidikan Modern
DOI:
https://doi.org/10.34128/mediteg.v10i1.301Keywords:
Kecerdasan Buatan (AI), Teknik Pemanfaatan AI, SMK N 1 Purwokerto, Universitas Harapan BangsaAbstract
Teknologi AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Namun, pemahaman siswa terhadap teknologi ini masih terbatas. Untuk menjawab tantangan tersebut, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Harapan Bangsa menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan AI di SMK N 1 Purwokerto bagi siswa kelas 11. Pelatihan ini mencakup pengenalan algoritma AI, cara kerja AI dalam menjawab pertanyaan, jenis-jenis AI, produk yang dihasilkan, serta cara memanfaatkan teknologi AI untuk pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam persepsi dan pengalaman siswa setelah mengikuti pelatihan. Data post-test mencatat peningkatan respon "sangat setuju" pada aspek kemudahan penggunaan teknologi AI, efektivitas ChatGPT dalam memahami konsep sulit, dan fleksibilitas PPTGenerate. Selain itu, lebih dari 60% peserta memberikan tanggapan positif terhadap kualitas visual dan penyesuaian materi presentasi yang dihasilkan. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan diri siswa dalam memanfaatkan teknologi AI untuk mendukung proses belajar, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di era digital.
References
Baihaqi, Wiga Maulana, Fatma Sulistiyana, dan Azhar Fadholi. 2021. “Pengenalan Artificial Intelligence Untuk Siswa Dalam Menghadapi Dunia Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0.” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1): 79–88.
Essy Malays Sari Sakti, Marnis, dan Agus Herwanto. 2023. “Pelatihan Penggunaan Chatgpt Terhadap Minat Baca Siswa SMA Muhammadiyah 1 Jakarta.” Jurnal Edukasi dan Multimedia 1(3): 7–12.
Hanila, Siti, dan Muhammad Afif Alghaffaru. 2023. “Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa Sma 10 Sukarami Kota Bengkulu.” Jurnal Dehasen Mengabdi 2(2): 221–26.
Ratnadewi, Ratnadewi dkk., 2023. “Pelatihan Kecerdasan Buatan Bagi Siswa-Siswi SMKN-4 Bandung.” AKM: Aksi Kepada Masyarakat 4(1): 233–40.
Setiawi, Agustina Purnami, Elyakim Nova Supriyedi Patty, dan Samuel Rex Mulyadi Making. 2024. “Dampak Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5(1): 680–84. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/826.
Sondakh, D E, dan S R Pungus. 2024. “Membangun Pemahaman Siswa Sekolah Vokasi Tentang Konsep Dan Implementasi Internet of Things.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG) 9: 87–96. https://mediteg.politala.ac.id/index.php/mediteg/article/view/205%0Ahttps://mediteg.politala.ac.id/index.php/mediteg/article/download/205/174.
Trianggara, D A dkk., 2024. “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Pendidikan.” Jurnal Gotong Royong 1(1): 69–72. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/goro/article/view/6649%0Ahttps://jurnal.unived.ac.id/index.php/goro/article/download/6649/4720.
Kurniawan, B. R., Ramadani, C. I., Latifah, E., Kurniawan, R., Kholifah, M. N., & Cahyo, D. N. (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI ERA DIGITAL: PELATIHAN GOOGLE SITES DAN TEKNOLOGI AI DI SMA NEGERI 1 TUREN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1125-1130.
Sukiman, S., Hendry, H., Zuhanda, M. K., Fenny, F., & Sjukun, S. 2024. “Pelatihan Pemanfaatan Gemini AI Untuk Mendukung Pembelajaran Pada SMA Di Sumatera Utara.” 3: 75–81.