Mahir Menyusun Laporan Arus Kas Metode Langsung Perusahaan Dagang Bagi Siswa dan Guru SMKN 1 Dukuhturi

Authors

  • Aryanto Aryanto Poiliteknik Harapan Bersama
  • Yeni Priatna Sari Politeknik Harapan Bersama
  • Ida Farida Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.34128/mediteg.v10i1.324

Keywords:

Laporan Arus Kas, Metode Langsung, SMK Akuntansi

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh pihak mitra adalah masih minimnya pembelajaran mengenai penyusunan laporan keuangan arus kas menggunakan metode langsung, dikarenakan yang dipelajari hanya menggunakan metode tidak langsung saja. Solusi yang ditawarkan dengan memberikan pelatihan terkait penyusunan laporan arus kas. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan peserta dalam menyusun laporan arus kas menggunakan metode langsung pada perusahaan dagang. Pelaksanaan kegiatan ini menerapkan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Materi yang menjadi pembahasan mulai dari pengenalan konsep laporan arus kas, penjelasan cara menyusun laporan arus kas metode langsung, latihan kasus perusahaan dagang dan ditutup dengan diskusi tanya jawab. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di ruang Laboratorium Akuntansi pada tanggal 11 Desember 2024 yang dihadiri oleh 24 siswa dan 12 guru akuntansi dari SMK Negeri 1 Dukuhturi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menyusun laporan arus kas dengan metode langsung pada kasus perusahaan dagang dibuktikan dengan meningkatnya hasil pre-test dan post-test pada peserta.

References

Amaliyah, F., Hetika, & Aryanto. (2022). Peningkatan Pengetahuan Penyusunan Laporan Arus Kas Bagi Siswa SMK YPE Nusantara Slawi. 5(3), 478–483.

Etty Murwaningsari, Sofie, & Rachmawati, S. (2015). Pelatihan Menggunakan Software Accurate Bagi Guru-Guru Smk Wilayah Jakarta Timur. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta BENEFIT Jurnal Managemen Dan Bisnis Volume 19, Nomor 2, Desember 2015: 143-149, 19(2), 143–149.

Hetika, H., Amaliyah, F., Farida, I., & Maulidah, H. (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK ETAP PADA GURU SMK AKUNTANSI SEBAGAI PERSIAPAN UJI KOMPETENSI TEKNISI AKUNTANSI. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1595–1600.

IAI. (2023). Standar Akuntansi Keuangan.

Imron, R., & Anggota, R. (2020). Sosialisasi Dan Pelatihan Program Accurate Untuk Menghadapi Dunia Kerja Bagi Siswa / Siswi SMK AL IHSAN MERUYA UTARA JAKARTA BARAT Tim Pengabdian Oleh : Rista Bintara , SE ., M . Ak . ( Ketua / 0315088203 ) B.

Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Aktivitas Profesional, Ilmiah, dan Teknis Golongan Pokok Aktivitas Hukum dan Akuntansi Bidang Teknisi Akuntansi, (2023).

Putriana, A., Nurmalina, R., Amelia, N., & Rininda, B. P. (2022). Peningkatan Ekonomi Mandiri dan Kreatif melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pelaporan Keuangan Sederhana pada Klinik Azka Medical Centre Pelaihari. 7(November).

Sari, V. F., Afriyenti, M., Betavia, A. E., & Pebriyani, D. (2022). Penerapan Blended Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Guru Akuntansi Dalam Penyusunan Laporan Arus Kas. Abdi Laksana, 3, 412–418.

Susanto, L., & Jonathan, K. (2021). PENYUSUNAN LAPORAN ARUS KAS DENGAN METODE LANGSUNG. 16, 241–246.

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2015). Financial Accounting IFRS Edition. Wiley.

Yentifa, A., Meuthia, R. F., Sriyunianti, F., Jr, S. R., & Novela, O. (2024). Upaya Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Arus Kas Bagi Guru Dan Siswa Jurusan Akuntansi SMK Nusatama Padang. 2(November), 592–600.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Aryanto, A., Sari, Y. P., & Farida, I. (2025). Mahir Menyusun Laporan Arus Kas Metode Langsung Perusahaan Dagang Bagi Siswa dan Guru SMKN 1 Dukuhturi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 10(1), 19–28. https://doi.org/10.34128/mediteg.v10i1.324