Pengembangan Perpustakaan Digital Berbasis Slims Pada SD Muhammadiyah IDI Tello Baru
DOI:
https://doi.org/10.34128/mediteg.v10i1.361Keywords:
Perpustakaan digital, SLiMS, Dewey Decimal Classification (DDC), SD MuhammadiyahAbstract
Perpustakaan SD Muhammadiyah IDI Tello Baru Makassar merupakan salah satu dari perpustakaan yang dinaungi oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Saat ini mengelola 600 eksemplar buku dengan beragam genre yang terdiri dari buku pelajaran sampai buku fiksi. Kendala yang dihadapi saat ini adalah sistem klasifikasi pustaka yang digunakan belum mengadopsi sistem klasifikasi berstandar internasional seperti Dewey Decimal Classification (DDC) serta sistem pengelolaan masih manual. Akibatnya, pengelola kesulitan dalam mengorganisasi koleksi secara efisien. Kendala tersebut semakin terasa jika jumlah koleksi nantinya bertambah banyak mengingat jumlah member terdaftar mencapai 195 orang. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi pengelola dalam mengintegrasikan sistem DDC dan SLiMS dalam pengembangan perpustakaan berbasis digital dengan menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan yang diikuti oleh 15 peserta yang terdiri dari pengelola, guru dan mahasiswa. Hasilnya, peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengintegrasikan DDC dan SLiMS ke dalam sistem pengelolaan perpustakaan sehingga kendala yang dihadapi bisa diatasi.
References
Adriani Salim, T., Ilmu Perpustakaan, D., & Ilmu Pengetahuan Budaya, F. (2021). Perpustakaan dalam pelestarian warisan budaya di Indonesia tinjauan literatur sistematis. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(2), 141–153. https://doi.org/10.22146/BIP.V17I2.1491
Anis Masruri, & Khusnul Khotimah. (2017). Asal Usul Dewey Decimal Classification Melacak Pemikiran Melvil Dewey dalam Organisasi Pengetahuan.
Arita Marini, Y. M. (2022). Utilization Of Digital Library To Increase Reading Interest In Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 5(1), 20–24. https://doi.org/10.55215/JPPGUSEDA.V5I1.5021
Au, K. H. (1998). Social Constructivism and the School Literacy Learning of Students of Diverse Backgrounds. Journal of Literacy Research, 30(2), 297–319. https://doi.org/10.1080/10862969809548000
Data Pokok SD MUHAMMADIYAH IDI TELLO BARU. (2024). Retrieved September 20, 2024, from https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/F297D49C34C8EF1BEEBC
Hilmawan, H., Musthafa, B., & Agustin, M. (2022). Enhancing students’ literacy skills through social constructivism-based literacy learning environment model. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(10), 3614–3624. https://doi.org/10.18844/CJES.V17I10.7842
Iskandar, I. (Iskandar). (2017). Filsafat Perpustakaan: sebuah Pengenalan. Jupiter, 16(1), 326467. https://www.neliti.com/id/publications/326467/
Kesuma, M. E.-K., Yunita, I., Fitra, J., Sholiha, N. A., & Oktaria, H. (2021). PENERAPAN SLiMS PADA LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI. AL Maktabah, 6(2), 103. https://doi.org/10.29300/MKT.V6I2.5148
Khasanah, S. N., & Amalia, N. (2023). THE URGENCY OF PROFESSIONALISM IN LIBRARY MANAGEMENT AT PRIMARY SCHOOL. Jurnal Tarbiyah, 30(2), 245. https://doi.org/10.30829/TAR.V30I2.3060
Klasifikasi Persepuluhan Dewey - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (2024). Retrieved September 20, 2024, from https://id.wikipedia.org/wiki/Klasifikasi_Persepuluhan_Dewey
Kurniati. (2023). Peran Perpustakaan Dalam Melestarikan Warisan Budaya dan Sejarah Lokal. THE LIGHT : Journal of Librarianship and Information Science, 3(2), 102–114. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/light/article/view/8783
Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/KENOSIS.V4I2.67
Perpustakaan kemendikbudristek RI. (n.d.). Retrieved September 20, 2024, from https://perpustakaan.kemdikbud.go.id/slims
Perpustakaan kemendikbudristek RI. (2023). https://perpustakaan.kemdikbud.go.id/slims
Persada, S. F., Miraja, B. A., & Nadlifatin, R. (2019). Understanding the Generation Z Behavior on D-Learning: A Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(05), 20–33. https://doi.org/10.3991/IJET.V14I05.9993
Rizaldi, A. R., & Hasan, A. (2021). PENGGUNAAN ELECTRONIC-DEWEY DECIMAL CLASSIFICATION (E-DDC) DALAM MANAJEMEN PERPUSTAKAAN KOMUNITAS DI KABUPATEN BARRU. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 55(2). http://mediteg.politala.ac.id/index.php/mediteg