PEMBUATAN KULIT SINGKONG MENJADI “KARAMEL” SEBAGAI CEMILAN SEHAT KELUARGA

  • Nina Hairiyah Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Pengabdian masyarakat adalah salah satu tri dharma Perguruan Tinggi yang wajib untuk dilaksanakan untuk mengaplikasikan hasil-hasil penelitian langsung ke masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian mayarakat yang dilakukan adalah penyuluhan dan pelatihan pembuatan karamel kulit singkong sampai dengan analisis ekonomi. Karmel kulit singkong merupakan salah satu bentuk penganekaragaman makanan yang terbuat dari kulit singkong yang bernilai gizi cukup bagus sehingga dapat dijadikan sebagai cemilan sehat keluarg. Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Gunung Melati, Kecamatan Batu Ampar dengan materi pembuatan kulit singkong menjadi karamel sebagai cemilan sehat keluarga ini  karena sesuai dengan potensi daerah yang menghasilkan singkong dan sudah ada beberapa usaha rumah tangga pembuatak keripik singkong, sehingga limbah kulit singkong yang dihasilkan apabila diolah akan lebih bernilai ekonomis. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilakukan, produk karamel kulit singkong ini cukup diterima oleh masyarakat yang dilihat dari hasil uji hedonik dan layak untuk dijadikan usaha berdasarkan hasil analisis perhitungan ekonomis.

Kata Kunci: Karamel, Kulit singkong, Uji Hedonik, Analisis Eknomi

Author Biography

Nina Hairiyah, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Buckle, K.A, R.A. Edwards, GH. Fleet dan M. Wotton (2009). Ilmu Pangan. UI-Press. Jakarta

Francis BJ, Wood JF (1982). Changes in the NutritiveContent and Value of Feed Concentrates During Storage in: Handbook of Nutritive Value of Processed Food. Vol II Animal Feedstuff. Rechcigl, M.Jr (ED) CRC Press. Inc Boca Raton, Florida.

Lakpini MAC. Balogun.IB. Alawa.PJ. Onifade.SO. Otaru.MS (1996). Effects of graded levels of sun-dried cassava peels in supplement diets fed to red sokoto goatsin first trimester of pregnancy. Biores.Tecnol 67: 197-204.

Lingga, Pinus (1991). Bertanam Ubi-ubian. Penebar Swadaya. Jakarta

Maharani, Anggi (2008).â€Usaha Pemanfaatan Limbah Singkong Sebagai Alternatif Pangan Olahan Berbasis Sumber Daya Lokalâ€, karya ilmiah, Fakultas Pertanian, IPB, Bogor.

Rukmana R. (1997). Ubi Kayu, Budidaya, dan pascapanen. Kanisius. Jakarta

Hanifah,V, D. Yulistiani dan S.A A. (2013). Asmarasari. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Bogor.

http://tapiokapati.com/optimalisasi-pemanfaata-limbah-kulit-singkong-menjad-pakan-ternak/

Prasojo,W.FM. Suhartati dan Sri Rahayu (2013) Pemanfaatan kulit singkong fermentasi menggunakan leuconostoc mesenteroides dalam pakan pengaruhnya terhadap n-nh3 dan vfa (in vitro).Jurnal Ilmiah Peternakan 1(1):397-404.

Published
2017-11-27
How to Cite
HairiyahN. (2017). PEMBUATAN KULIT SINGKONG MENJADI “KARAMEL” SEBAGAI CEMILAN SEHAT KELUARGA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 1(1). https://doi.org/10.34128/mediteg.v1i1.4