LITERASI MEDIA SEBAGAI ALAT KAMPANYE POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DALAM RANGKA PEMILU PRESIDEN 2019

  • Dwi Susanti Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Lintang Muliawanti Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: pemilu presiden, politik, literasi media

Abstract

Pada tahun 2019 Indonesia menyelenggarakan pesta demokrasi yakni Pemilihan Presiden (Pilpres). Tujuan dari sosialisasi dan pendampingan pada program literasi politik dan media di UMMagelang adalah meningkatkan pengetahuan mahasiswa pemilih pemula terhadap ilmu-ilmu politik dasar, meningkatkan tingkat pemahaman mengenai sosial media sebagai salah satu alat kampanye politik, meningkatkan pengetahuan mengenai efek negatif dan positif dari penggunaan sosial media sebagai salah satu alat kampanye, sehingga mitra dapat memilih secara rasional, meningkatkan rasa kepercayaan pada proses pemilihan umum sebagai salah satu sarana perbaikan kehidupan masyarakat dan Negara, dan meningkatkan partisipasi aktif mitra dalam agenda pemilihan umum. Mitra yang menjadi target dalam kegiatan ini adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) tingkat  pertama dan kedua dan Karang Taruna Desa Menayu, Kecamatan Muntilan yang terindikasi masuk ke dalam daftar pemilih pemula. Metode kegiatan yang digunakan adalah Mass-Based Interactive Approach. Pelatihan dan sosialisasi program ini akan dilaksanakan sebanyak satu kali, dengan mengundang tutor dari Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Magelang. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah 1) Target mitra memahami pentingnya untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu; 2) Target mitra memahami ragam alat kampanye politik terdiri atas alat peraga kampanye konvensional dan digital; 3) Mahasiswa lebih sadar akan pelanggaran-pelanggaran dalam kegiatan kampanye seperti hate speech, berita bohong atau hoax, hingga perang tagar dibandingkan dengan pemuda di Desa Manayu; 4) Mahasiswa cenderung mengarah sebagai pemilih rasional sedangkan pemuda karang taruna cenderung mengarah ke pemilih skeptis dalam pemilu.

References

Firmanzah. (2012). Marketing Politik : Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Syaripudin, Acep., Ahmad, Deni., Widya Ningrum, Dewi., Banyumurti, Indriyanto., Magdalena, M. (2018). Kerangka Literasi Digital Indonesia.

Desy, S. (2018). LIPI: 60% Anak Muda Akses Berita Politik Lewat Media Sosial. Retrieved from https://katadata.co.id/berita/2018/07/18/lipi-60-anak-muda-akses-berita-politik-lewat-media-sosial

Gordon, S. (2017). Online Communities as Agents of Change and Social Movements. Harshey: Information Science Reference.

Komisi Pemilihan Umum. (2017). Sosialiasi Pada Pemilih Pemula.

Marijan, K. (2011). Sistem Politik di Indonesia: Konsolidasi Demokrasi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Kencana Prenada media Grup.

Published
2020-11-30
How to Cite
Dwi Susanti, & Lintang Muliawanti. (2020). LITERASI MEDIA SEBAGAI ALAT KAMPANYE POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DALAM RANGKA PEMILU PRESIDEN 2019 . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(2), 9-16. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i2.67