PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK MASYARAKAT KECAMATAN BANTUR KABUPATEN MALANG

Authors

  • M. Arief Bustomi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

DOI:

https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i2.73

Keywords:

pemasaran online, produk masyarakat, jalur lintas selatan, kecamatan bantur, kabupaten malang

Abstract

Makalah ini menyajikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan penjualan online. Materi pelatihan penjualan online yang disampaikan adalah aplikasi penjualan online menggunakan Shopee dan Tokopedia. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara online dalam dua hari dan diikuti 12 peserta. Lokasi obyek kegiatan terletak di kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Sasaran kegiatan ini adalah para siswa peserta pelatihan kerja di SMAN 1 Bantur. Para siswa ini nantinya diharapkan mampu menjadi motor penggerak bagi masyarakat kecamatan bantur dalam menggerakkan perekonomian. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah tutorial dan praktik menggunakan media text dan video. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para peserta telah mampu membuat toko online sendiri dan memulai memasarkan produk-produk yang mereka hasilkan.

References

Azis. M. N. L. (2018), Strategi Pemasaran Batik Melalui Marketplace untuk Peningkatan Penjualan Menggunakan SWOT Analysis, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi SENATIK.

Bustomi, M. A. dkk (2019). Peningkatan Wawasan Fisika dan Sains kepada Peserta Pelatihan Kerja di Kecamatan Bendungan Trenggalek. Prosiding online Seminar Nasional Fisika (SNF) 2019 Universitas Negeri Surabaya.

Chatra, E. dkk (2018). Pengenalan Digital Marketing, Pelatihan e-Commerce dan Merancang Pesan Persuasif bagi Pelaku UMKM di Kota Padang. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat SKIM IPTEK Berbasis Program Studi dan Nagari Binaan, Universitas Andalas

Djamaludin, Aviasti, Rukmana, A.N. dan Rukmana, O. (2016). Peningkatan Kemampuan Usaha Kecil Menengah Di Wilayah Bandung Raya Dalam Pemanfaaatan Internet Sebagai Sarana Pemasaran Dan Perluasan Jangkauan Pasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Ethos Vol 4 No 1 Hal. 125-130.

Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LOYALITAS Vol. 2 No. 1.

Hartono, S. dan Ubed, R. S. (2018). Pelatihan Online Marketing kepada Pelaku UMKM Desa Cibogo Cisauk Tangerang. Sembadha Vol. 01Ed. 01.

Hidayah, D. U. dkk (2019). Pelatihan Penjualan Online untuk Masyarakat Desa Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas Pelatihan Penjualan Online Untuk Masyarakatdesa Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengadian kepada Masyarakat Altruis Vol. 2 No. 1.

Hukama, L. D. dan Simon, Z. Z. (2017). Pelatihan Pendampingan dan Pemasaran Berbasis Toko Online bagi UKM Herbal Sari Sehat Multifarm, Tegalwaru Ciampea Kabupaten Bogor. International Journal of Community Service Learning Vol. 1 (3) Hal. 118-120.

Kholdani, A. F. R. dan Qur’ana, T. W. (2019). Pelatihan Desain dan Manajemen Jaringan Komputer pada Anggota Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Banjar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG Vol. 4 No. 1 Hal. 22-26.

Magdalena, H. dan Ellyani, W. (2017). Strategi Memanfaatkan E-Commerce Dalam Memasarkan Makanan Khas Bangka (Studi Kasus: Aneka Citra Snack). Cogito Smart Journal Vol. 3 No. 2.

Machfiroh, I. S. dkk (2018). Pelatihan Penyusunan Anggaran untuk UMKM di Desa Bumi Jaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG Vol. 3 No. 1 Hal. 1-4.

Prameswari, N. S., Widagdo P. B., dan Sugiarto, E. (2019). Perluasan Jaringan Pemasaran Melalui Kemitraan dengan Marketplace bagi PKL Dampak Relokasi Pemkot Surakarta. Citradirga: JurnalDesain Komunikasi Visual dan Intermedia Vol. 01 No. 02.

Rahman, F. dan Mawardi, M. K. (2017). Strategi UMKM dalam Membangun Brand Toko Online di Marketplace (Studi pada komunitas Tokopedia di Kota Bekasi). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 53 No. 1.

Santoso, H. B. dkk (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Upaya Pemberda-yaan Perempuan Melalui Peningkatan Kreativitas Istri Pembudidaya Ikan Patin di Desa Cindai Alus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG Vol. 4 No. 2 Hal. 26-31.

Sulistyowati, T. dkk (2018). Enhancing ICT Skills to Support Product Marketing for SMEs Aisyiyah Dau Malang District (Peningkatan Ketrampilan TIK untuk Mendukung Pemasaran Produk bagi Pelaku UKM Aisyiyah Kecamatan Dau Malang). Proceeding of Community Development Vol. 2 Hal. 242-249.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Bustomi, M. A. (2020). PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK MASYARAKAT KECAMATAN BANTUR KABUPATEN MALANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(2), 27–38. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i2.73