PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SMP RAYON KECAMATAN NANGAPANDA

Authors

  • Melkyanus Bili Umbu Kaleka Universitas Flores
  • Adrianus Nasar Universitas Flores
  • Maimunah Haji Daud Universitas Flores
  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores
  • Aloisius Harso Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i2.74

Keywords:

guru, pendampingan, pelatihan, penelitian tindakan kelas

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah agar guru-guru dapat menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melaksanakan penelitian, dan juga dapat melaporkan hasil penelitian. Kegiatan pengabdian ini dilakukan karena sebagian besar guru-guru SMP/MTs di Kecamatan Nangapanda mengalami kesulitan dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Hal ini dikarenakan guru-guru belum terbiasa dalam menyusun karya ilmiah, keterbatasan waktu karena keseharian disibukan dengan mengajar, serta menyusun berbagai perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, instrumen penilaian serta persiapan-persiapan lainnya. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan terhadap 20 orang guru. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah 80% guru-guru telah memahami dengan baik teknik dalam menyusun proposal PTK. 60% guru telah menyusun proposal PTK dan 40% mampu melaporkan hasil PTK. Satu hasil penelitian telah dipublikasikan pada jurnal online tidak terakreditasi.

Kata Kunci: Guru, Pendampingan, Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

References

Abdul Kodir, Shrie L. Saraswati, (2017). Modul Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan. Mata Pelalajran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pedagogik: Penelitian Tindakan Kelas.

Amelia, R., Safitri, R., & indah puspita sari, fajar. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan (KKN-PPM) Desa Penagan Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(1), 50-59. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i1.66

Daud, M. H., & Kaleka, M. B. U. (2020). ANALISIS KESULITAN BAGI GURU IPA UNTUK MEL AKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 36-42. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.502 (Original work published December 2, 2019).

Hamid, A. (2017). Guru Professional. Guru Profesional.Hunaepi, Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asy’ari, M. (2016). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DI MTs. NW MERTAKNAO. Lumbung Inovasi.

Rhomadhona, H., Utomo, H. S., Permadi, J., Aprianti, W., & Kusrini, W. (2018). PENYULUHAN PENGGUNAAN AR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU-GURU SMP DI KECAMATAN BATU AMPAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 3(1). https://doi.org/10.34128/mediteg.v3i1.23

Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan guru dan angka kreditnya.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Kaleka, M. B. U., Nasar, A., Daud, M. H., Ika, Y. E., & Harso, A. (2020). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SMP RAYON KECAMATAN NANGAPANDA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(2), 47–54. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i2.74